Tuesday, June 30, 2020

Ayoo... Arungi Lautan Nusantara Dengan 3 Kapal ini

Kali ini kita sharing tentang bagaimana menekan budget transportasi via jalur laut menggunakan kapal. Pengalaman yang akan kita dapatkan saat menggunakan jalur laut akan lebih berasa karena hari-hari kita akan diisi di atas kapal laut yang isinya lautan manusia.
Baiklah, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba transportasi kapal laut, saya akan sharing kapal apa saja yang harus diketahui untuk mengarungi lautan di Indonesia.

1.  Kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)

Kapal ini yang paling jago berlayar diseantero Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Kapal Pelni merupakan milik BUMN, menyediakan transportasi laut di seluruh Indonesia. Rutenya hampir 30-an provinsi di Indonesia terlayani oleh rute kapal Pelni. Kapal Pelni ini juga ukurannya besar-besar, dan muat mulai dari 500 hingga 2000 orang sekali angkut. Biasanya rute kapal Pelni ini panjang-panjang dan bisa memakan waktu mingguan. Misalnya rute kapal Pelni Dobonsolo yang memiliki rute luar biasa jauh dari Tanjung Priok hingga Jayapura dengan singgah di beberapa pelabuhan yaitu Surabaya-Makassar-Bau-Bau-Ambon-Sorong-Serui dan baru ke Jayapura. Jika kamu dari Jakarta dan ingin ke Raja Ampat, kamu hanya menghabiskan uang sebesar Rp 810 ribu untuk sampai ke Sorong. Bandingkan dengan harga tiket pesawat yang mencapai Rp 2 juta. Wow selisihnya besar. Selain itu keuntungannya adalah kamu bisa mampir di banyak tempat di mana kapal itu bersandar (biasanya kapal sandar selama tiga jam rata-rata) dan harga segitu sudah termasuk makan tiga kali sehari selama perjalanan. Murah sekali ya?

2.  Kapal ASDP

Kalau kamu biasa menyeberang antar pulau seperti dari Banyuwangi ke Bali, Bali ke Lombok, atau dari Merak ke Bakaheuni naik ferry, nah itu artinya kamu lagi naik kapal ASDP, milik BUMN juga. Memang tidak semua kapalnya ASDP karena ada beberapa juga kapal milik swasta. ASDP adalah singkatan dari Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan. Bedanya dengan kapal Pelni adalah kapal ASDP jaraknya dekat (hanya menyeberang saja) dan biasanya satu lintasan dan jarang saling menyambung kecuali beberapa daerah timur Indonesia. Selain itu, kapal ferry ASDP ini banyak jenisnya, mulai dari kapal roro yang bisa angkut mobil dan truk, hingga kapal khusus penumpang saja. Bedanya lagi, karena rute perjalanan yang termasuk pendek, kapal ASDP tidak menyediakan ruangan kamar seperti kapal Pelni. Biasanya ada satu ruangan khusus di mana orang boleh tidur dengan tambahan matras tapi dengan tambahan biaya. Sebenarnya sih enggak perlu sewa matras, karena rata-rata ruang tunggu ASDP sudah nyaman dan ber-AC. Untuk tiket ASDP ini tergantung jarak dan kendaraan yang dibawa. Biasanya harganya bersaing dengan kapal-kapal penyeberangan milik swasta.

3.  Kapal Perintis

Kapal Perintis ini punyanya Pelni juga, dan punya satu nama yang sama, yaitu Kapal Perintis Sabuk Nusantara. Kapal Perintis ini disediakan untuk menghubungkan pulau-pulau terluar dan daerah-daerah yang sulit sekali dijangkau seperti pulau-pulau kecil yang ada di Maluku, Papua, dan lain-lain. Kapal Perintis ini sendiri ukurannya lebih kecil dibanding Pelni, bahkan hanya seukuran kapal ASDP. Tapi rutenya itu sulit - sulit. Lucunya lagi adalah kadang destinasi kapal Perintis ini tidak punya pelabuhan, jadi untuk naik dan turun dari kapal Perintis ini menggunakan sampan kecil yang nantinya akan sandar di samping Kapal Perintis. Selain itu, jadwal kapal Perintis ini kadang enggak pasti. Jadi kamu harus rajin melihat langsung di papan pengumuman yang ada di pelabuhan.Tapi jangan kaget ya kalau di dalam kapalnya tidak hanya manusia saja, karena kadang hewan ternak juga dibawa lho! Mau gimana lagi, namanya juga kapal antar daerah pelosok. Harga tiket Perintis ini biasanya murah banget karena disubsidi besar-besaran oleh pemerintah.

Nah.. ayo mau pilih kapal yang mana?


x

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Kabupaten-Kota

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelaya...