Wednesday, June 24, 2020

GERMAS, Ayo Lakukan 7 Langkah Ini Demi Pola Hidup Yang lebih Sehat



Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS. Ketujuh langkah ini penting untuk membiasakan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini 7 langkah GERMAS sebagai panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

1.  Melakukan Aktivitas Fisik
Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik, baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Melalui GERMAS aktivitas fisik merupakan gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

2.  Makan Buah dan Sayur
Kebiasaan makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan kurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun salah satu kampanye GERMAS adalah kampanye makan buah dan sayur yang memberikan informasi betapa besarnya manfaat  dan karena itu harus makan buah dan sayur setiap hari.

3.  Tidak Merokok
Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan dan berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat tidak saja berdampak pada diri perokok tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya.

4.  Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang-orang di sekitarnya.

5.  Melakukan Cek Kesehatan Berkala
Salah satu bagian dari kampanye gerakan masyarakat hidup sehat adalah mengajak masyarakat melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. 

Berikut adalah beberapa contoh pengecekan yang bisa dilakukan, antara lain:
o        Cek Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) untuk mengetahui kondisi BB ideal,
o        Cek Lingkar Perut Secara Berkala untuk mengontrol kondisi lemak perut,
o        Cek Tekanan Darah berkala untuk membantu anda mendeteksi adanya risiko hipertensi,
o        Cek Kadar Gula Darah Berkala untuk mengetahui potensi diabetes,
o        Cek Kolesterol Tetap
o        Cek Fungsi Mata Telinga,
o        Cek Arus Puncak Ekspirasiuntuk pengujian fungsi paru,
o        Cek dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, dan
o        Cek Sadari Periksa Payudara Sendir

6.  Menjaga Kebersihan Lingkungan
Bagian penting dari germas hidup sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan, salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah rumah tangga.

7.  Menggunakan Jamban
Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat; salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.

Secara umum, tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. [Mo20-002]


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Kabupaten-Kota

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelaya...