Thursday, June 25, 2020

Inilah Deretan Tempat Paling Asin di Muka Bumi

Kita pasti tahu kalau air laut itu asin ya bukan? Namun, teman-teman sudah tahu belum, kalau di Bumi kita ini ada tempat-tempat yang punya kandungan garam sangat tinggi melebihi asinnya air laut. Karena kandungan garamnya sangat tinggi, tempat itu dijuluki sebagai tempat paling asin di dunia.

Berikut ini adalah 7 tempat paling asin dimuka bumi versi Myshare Olala, antara lain:

1.   Don Juan Pond

Inilah kolam air yang paling asin di dunia. Don Juan Pond berupa danau yang sangat kecil yang terletak di Lembah Kering McMurdo di Antartika. Volume airnya sekitar 3.000 meter kubik, tetapi terus berubah. The Don Juan Pond memiliki tingkat salinitas lebih dari 47%, (yaitu 12 kali lebih asin daripada air laut). Akibat tingginya kadar garam di danau ini mencegah kolam Don Juan membeku bahkan ketika suhu di bawah -50 ° C (-58 ° F). Kolam Don Juan ditemukan pada tahun 1961 oleh George H. Meyer. Tempat ini dinamai sesuai nama dua pilot helikopter yang membawa tim, yaitu Lt. Don Roe dan Lt. John Hickey. 

2.  Danau Vanda

Ada kolam air hipersalin lainnya yang lebih besar di Lembah Kering McMurdo Antartika yaitu Danau Vanda dengan salinitas lebih dari 35% (yaitu 10 kali lebih asin daripada air laut), lebih tinggi dari salinitas Laut Mati dan Danau Assal (Djibouti). Danau ini memiliki panjang 5 km dengan kedalaman maksimal 69 m. Selandia Baru mendirikan Stasiun Vanda di pesisir danau ini dari tahun 1968 hingga 1995. Sungai terpanjang di Antartika, yaitu Sungai Onyx mengalir ke Danau Vanda. Danau ini dilapisi oleh lapisan es yang transparan setebal 3,5–4 m sepanjang tahun. Di danau ini tidak ada ikan, tetapi ditemukan kehidupan mikroskopik di tempat ini (seperti contohnya adalah sianobakteri). Untuk menghindari resiko kerusakan alam, kegiatan penyelaman untuk tujuan ilmiah hanya boleh dilakukan dikedalaman diatas 30 m dan penggunaan kendaraan penyelaman yang dikendalikan jarah jauh tidak diizinkan.

3.    Lagoon Garabogazköl

Teluk Garabogazköl terletak di pantai timur Laut Kaspia, bagian barat laut Turkmenistan. Salinitas teluk Garabogazköl adalah sekitar 35%, dibandingkan dengan Laut Kaspia 1,2%, dan 3–4% untuk sebagian besar lautan di dunia. Karena salinitas yang sangat tinggi, hampir tidak ada vegetasi dilaut ini. Evaporit besar, sebagian besar endapan garam yang terakumulasi di pantai selatan dipanen oleh penduduk setempat sejak tahun 1920-an, dan pada tahun 1930an panen garam manual ini berhenti dan mulai berganti pengelolaannya oleh pihak industri garam didekat Garabogaz.

4.    Danau Assal

Danau yang paling asin lainnya adalah Danau Assal di Djibouti, yang memiliki salinitas 34,8% (yaitu 10 kali lebih asin daripada air laut). Danau yang terletak 120 km dari Kota Djibouti ini merupakan danau air asin yang terletak di ketinggian 155 m di bawah permukaan laut di Segitiga Afar, sebuah titik terendah di Afrika dan titik terendah ketiga di Bumi setelah Danau Galilea dan Laut Mati. Tidak ada air mengalir keluar dari danau ini. Tingkat penguapan di danau ini juga tinggi, sehingga kadar salinitas danau ini menjadi tinggi melebihi salinitas air laut.

Danau Assal memiliki cadangan garam terbesar didunia dan dieksploitasi oleh empat perusahaan yang menerima konsesi pada tahun 2002. Danau ini merupakan zona yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Rencana Aksi Lingkungan Nasional 2000. Namun, eksplotasi garam dari danau ini tidak terkendali, sehingga hal ini mengharuskan perlunya manajemen eksplotasi sumber daya alam agar tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. Pemerintah Djibouti sendiri telah mengusulkan kepada UNESCO untuk menjadikan Zona Danau Assal sebagai Situs Warisan Dunia.

5.   Laut Mati

Mungkin danau hipersalin yang paling terkenal adalah Laut Mati. Laut Mati, yang memisahkan Israel dan Tepi Barat Palestina dari Yordania, adalah danau hipersalin terdalam di dunia. Ketinggiannya yang berada di 417,5 m di bawah permukaan laut merupakan titik terendah dimuka bumi. Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini. Kadar garamnya sekitar 32% dibandingkan dengan kadar garam rata-rata 3% di Laut Tengah atau Mediteranian. Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati diketahui memiliki efek untuk mempercantik kulit. Dengan melumuri lumpur laut mati ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantu kesehatan. Hal ini sudah lama diketahui oleh Raja Salomo, Cleopatra dan Herodes Agung, dan mereka mendatangi Laut Mati untuk memperolehi efek tersebut.

6.    Laguna Araruama 

Laguna Araruama adalah danau hipersalin terbesar di dunia. Laguna ini diperkirakan berusia antara 5 dan 7 ribu tahun. Luas permukaannya adalah 220 km² dengan volume air 636 juta m³. Koneksi laguna dengan Samudera Atlantik hanya dibuat oleh Kanal Itajuru, di Cabo Frio. Jumlah air yang menguap dari laguna lebih besar dari jumlah air hujan yang diterimanya. Semua karakteristik ini bergabung dalam laguna air asin yang volume airnya tetap konstan hampir sepanjang waktu. Salinitas rata-ratanya adalah sekitar 5,2%, yang setara dengan satu setengah kali dari lautan.

7.    The Great Salt Lake

Terletak di Utah, Amerika Serikat, The Great Salt Lake memiliki luas hampir tiga kali luas permukaan Laut Mati, lebih dangkal dan mengalami fluktuasi kedalaman yang jauh lebih tinggi daripada Laut Mati. Ukuran panjang danau ini mencapai sekitar 120 kilometer dengan lebar 48 kilometer dan memiliki luas sekitar 5100 km2. Pada waktu permukaan air surut tercatat salinitasnya mendekati 27% atau sekitar 7,7 kali salinitas air laut, tetapi ketika permukaan airnya naik tinggi, salinitasnya turun hanya 5% atau sedikit lebih tinggi daripada lautan biasa yang 3,5%. Alasan mengapa kandungan garam yang tinggi adalah kenyataan bahwa Great Salt Lake, seperti banyak danau garam lainnya yang tidak memiliki saluran aliran ke laut luas. Sementara itu kandungan mineral di air sungai terus masuk menuju danau, sementara juga air danau sebagian menguap yang akhirnya juga meningkatkan kandungan garam.

Bagaimana teman-teman?  Menarik bukan untuk mengunjungi tempat-tempat yang dijuluki sebagai tempat paling asin di dunia itu. Terima kasih dan sampai jumpa. [Mo20-003]


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Kabupaten-Kota

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelaya...